Kamis, 10 November 2011

sholat!(ahaha.. salah kamar)

gambaran dlm sholat : ktika mengangkat tangan & mengucapkan "ALLOHU AKBAR" jiwa kita melayang2 kpd kasab2nya : memikirkan urusan2 atau masalah2 yg menjadikan beban. nah jadi terlihat jelaslah adakah ALLOH dlm jiwa kita?
bagaimana bisa mencegah kefasikan & kemunkaran jika terjadi demikian? siapakah yg patut di salahkan jika terjadi kefasikan & kemunkaran?
"sesungguhnya sholat itu mencegah kefasikan & kemunkaran"

banyak yg berdo'a:"ya ALLOH mengapa Engkau berikan cobaan seberat ini", wah.. wah.. mereka ga sadar telah meyalahkan ALLOH karna masalah yg mereka hadapi. padahal semua permasalahan yg terjadi merupakan perbuatan mereka sendiri "Maka mereka merasakan akibat yang buruk dari perbuatannya, dan adalah akibat perbuatan mereka kerugian yang besar."(At Thalaq:9), ya karna mereka ga mau menyentuh petunjukNYA, jadi mereka ga tau harus menjawabnya bagaimana.

lihatlah do'a para nabi yg senantiasa meminta ampunan, karna manusia selalu salah, dan juga minta d kuatkan untuk selalu d jln yg benar.

dan juga banyak yg menuduh orang berbuat jahat kpd kita, padahal sblm itu hendaknya introspeksi dulu & sbg tolak ukurnya adalah qur'an.

pengertian sholat:
sholat kata dasarnya dari sholu, yaitu masuk. lalu masuk ke mana?
ayat yg pertama turun itu Al Alaq, mari kita simak ayat 1
iqra biismi rabbika ladzii khalaq-bacalah dgn ajaran tuhanmu yg menciptakan
biismi kata dasarnya w kata dari bi:atas, dengan, oleh; dan ismun:nama, ajaran
kalo di terjemahkan dgn nama, "bacalah dgn nama tuhanmu yg menciptakan" apa yg harus kita lakukan?
tapi kalo "bacalah dgn ajaran tuhanmu yg menciptakan" itu berarti kita diperintahkan(bacalah merupakan kalimat perintah) untuk membaca situasi dgn menggunakan ajaran ALLOH.
banyak dlm al qur'an kalimat sabihisma=sucikan ajaran.
Ash-Shaf ayat 6 
wa-idz qaala 'iisaa ibnu maryama yaa banii israa-iila innii rasuulu allaahi ilaykum mushaddiqan limaa bayna yadayya mina alttawraati wamubasysyiran birasuulin ya/ tii min ba'dii ismuhu ah madu falammaa jaa-ahum bialbayyinaati qaaluu haadzaa sihrun mubiinun - "Dan (ingatlah) ketika 'Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)."
ismuhu kata dasarnya ismun yaitu nama atau ajaran
ah madu kata dasarnya hamadu atau hamdan yaitu terpuji
jadi sebenarnya kalo di terjemahkan dgn kata yg namanya ahmad sebenarnya ga tepat soalnya yg namanya ahmad itu banyak & qur'an itu petunjuk smp akhir zaman.
jadi yg tepatnya itu ajaran yg terpuji
jadi pengertian sholat itu masuk pada ajaran yg terpuji, yaitu AL QUR'AN "sesungguhnya al-Qur'an itu benar-benar firman (Allah yang dibawa oleh) utusan yang mulia (Jibril),"(At-Takwir:19)

jadi seperti itulah sholat yg dpt mencegah kefasikan & kemunkaran.
sholat sbg tiang agama

sabar & syukur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar