Kamis, 10 November 2011

SHALAT, YOGA DAN KESEHATAN


Beranjak dari pembelajaran tadi saya baru mampu melihat alasan ‘sesungguhnya’ mengapa shalat sebagai sebuah ritual doa harus memiliki pergerakan yang bersifat fisik. Dari sini juga terlihat bahwa shalat adalah ‘sebuah konsep yang sempurna’ untuk memelihara kondisi mental, fisikal serta spiritual seorang manusia.
Fisik yang prima adalah efek positif yang diinginkan oleh semua manusia. Shalat wajib yang dilakukan selama 5 kali sehari sebenarnya bisa membawa kita kearah itu. Selama setiap gerakan shalat bisa dilakukan secara benar dan detil sesuai dengan tuntutan alamiah anatomi tubuh manusia. Sayangnya hanya sedikit studi ilmiah (dan objektif) yang pernah dilakukan seputar bagaimana cara melakukan shalat seperti itu. Terlalu sedikit, sehingga jarang ada pemeluk agama Islam yang mampu memanfaatkan kegunaan shalat secara fisik. Literatur atau diskusi yang ada kebanyakan membahas makna shalat dari sudut pandang spiritual semata.

Yoga –dari sisi saya, tradisi Iyengar— mengajarkan saya tentang bagaimana cara mengisi ‘lubang’ pengetahuan tentang shalat ini. Setelah beberapa tahun mendalaminya saya mendapati sebuah fakta yang cukup menarik, hampir semua detil gerakan shalat terwakili dalam berbagai pose latihan yoga. Menariknya lagi, intensitas yang dilakukan selama yoga mampu membuat pelakunya menjadi lebih bugar dan sehat secara fisik maupun spiritual dalam waktu lama. Mr. Iyengar telah berusia hingga 9 dekade, namun ia masih mampu melakukan banyak pose sulit secara prima, sarat konsentrasi serta ketahanan fisik yang mengagumkan.

Sebuah bukti bahwa apabila yoga dilakukan lewat cara yang baik serta benar tidak hanya menyehatkan namun juga mampu menghambat efek penuaan. Di salah satu negara Asia Tenggara, seorang pelaku yoga dari tradisi lain, mengaku telah berusia di atas 100 tahun dan masih mampu mengajar kelas yoga dengan kombinasi kekuatan serta fleksibilitas tubuh di atas rata-rata.

Bayangkan apabila pendekatan ini bisa diaplikasikan saat kita melakukan shalat. Betapa banyak manfaat positif yang bisa diambil! Shalat benar-benar bisa melaksanakan salah satu ‘tugas aslinya’ sebagai sebuah jalan untuk menyehatkan manusia secara lengkap. Fisik, mental dan spiritual!

Shalat juga bukan lagi menjadi sebuah masalah bagi orang berusia lanjut untuk dapat melakukannya secara baik dan benar. Karena faktor pendukungnya kini bisa dipelajari secara sistematis sejak usia muda. Semua bergantung kepada seberapa besar keterbukaan kita dalam mempelajari berbagai hal (dalam kasus ini yoga) sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas shalat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar